Sabtu, 24 Januari 2009

MANFAAT TANAMAN DAN BUAH JAMBU BIJI


Buah ini sudah dikenal sekali oleh masyarakat kita baik yang masih anak – anak ataupun orang dewasa. Karena buah ini sangat mudah dijumpai di pekarangan – pekarangan rumah, ingat waktu kecil di kampung halaman buah ini banyak tumbuh liar di antara kebun pisang , kebun mangga, dan tanaman lainnya. Anak – anak sebayaku dulu sangat suka dengan buah jambu biji ini.

Jambu Biji ini popularitasnya sempat menurun drastis, kalah dengan Jambu Bangkok , yang buahnya lebih besar dan hampir tanpa biji. Namun setelah adanya penelitian oleh ahli kesehatan yang mampu mengungkapkan bahwa Jambu Biji ini berkasiat sebagai obat, kembali pamornya bersinar dan banyak lagi ditanam oleh masyarakat. Hanya karena bijinya yang banyak dan keras , orang enggan memakannya takut nyangkut di usus buntu.

Nama latin Buah Jambu Biji ini Psidium Guajava, tanaman ini sekarang sudah tersebar luas hingga ke seluruh Asia Tenggara bahkan Asia Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh subur baik dipesisir atapun di daerah pegunungan dan masih bisa tumbuh pada ketinggian 1200 diatas permukaan laut. Tanaman yang sudah berumur 2 – 3 tahun biasanya sudah mulai berbuah, pada daging buahnya terdapat banyak sekali biji – bijinya.
Nama lain Jambu Biji ini biasanya juga disebut Jambu Kluthuk atau Jambu Batu.

Daun , kulit batang , akar dan buahnya kaya akan manfaat untuk pengobatan tradisional.
Dari penelitian yang telah dilakukan para ahli ditemukan kandungan zat tanin, minyak atsiri, asam ursolat , asam psidiolat , asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan kandungan vitamin.

Beberapa resep obat tradisional yang menggunakan bagian tanaman jambu biji ini , mungkin bisa dicoba untuk mencegah dn menyembuhkan penyakit , antara lain :

1. Sakit Perut.
Resep ini tentu sudah tidak asing lagi waktu kita terkena sakit diare atau mencret.
Resepnya :
- 5 – 7 lembar pucuk daun Jambu Biji.
- 1 potong akar ( 5 cm )
- 1 potong kulit batang.
- 1 potong batang.
Rebus dengan 1,5 liter air sampai masak / mendidih ,minum ramuan tersebut setelah airnya disaring 2 kali sehari pagi dan sore. Saran waktu merebus kalau bisa dalam kuali tanah / keramik / kaca tahan panas , jangan memakai alat masak dari logam.

2. Kencing Manis.
Untuk penderita kencing manis bisa dicoba resep sebagai berikut, ambilah sebuah Jambu Biji setengah masak ( mengkal ) belah menjadi beberapa bagian dan rebus dengan 1 liter air, ambil air rebusan setelah menjadi ½ liter saring dan minum 2x sehari pagi dan sore.

3. Sering Kencing ( Beser )
Ketika kita menderita kencing yang terlalu sering, sehingga kita harus keluar masuk kamar kecil/toilet. Bisa mencoba resep sebagai berikut.:
- 15 lembar pucuk daun Jambu Biji
- 5 sendok beras dihaluskan/ditumbuk kemudian disangrai( goreng tanpa minyak )
Bahan tersebut direbus dengan air 4 gelas , setelah tinggal 3 gelas saring dan minum airnya 3x sehari.

4. Sariawan.
Tentu penyakit ini sudah sering kita alami, untuk sariawan resepnya dibuat dari :
- 10 lembar pucuk daun Jambu Biji.
- 1 potong kulit batang.
Rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih, sisakan menjadi 2 gelas , saring dan minum 2x sehari.

Resep – resep ini dapat dicoba apabila kita atau keluarga kita ada yang menderita penyakit tersebut diatas, semoga bisa menjadi obat selain itu tentunya kita memohon kesembuhan dari Allah SWT.
Semoga bermanfaat. amin

4 komentar:

  1. Lha bisa untuk obat miskin nggak mas..?? :D

    BalasHapus
  2. Bisa ningkatin trombosit juga ya kang Pur? Biasanya kalo abis musim banjir, jambu klutuk laris manis, soalnya banyak yang kena DBD he..he..

    BalasHapus
  3. tanaman dan buah jambu biji memang sangat bermanfaat ,

    BalasHapus
  4. Wah... selain enak juga banyak manfaatnya yah,, emang sih jambu biji merah itu sangat bermanfaat unutk Demam Bedarah..

    BalasHapus