Sabtu, 05 November 2011

BERQURBAN DENGAN IHKLAS


Hari Raya Idul Adha segera menjelang, tanpa terasa waktu terus berputar dan berjalan, ingatan kita sebagai seorang muslim langsung tertuju pada peristiwa ribuan tahun yang silam pengorbanan dan ketaatan Nabi Ibrahim AS dengan putranya Nabi Ismail AS. Kisah keteladanan yang penuh hikmah dan ajaran ketaqwaan kepada Allah Swt.

Bagi kita selain ibadah sholat , berqurban hendaknya bisa menjadikan diri kita semakin dekat dengan Allah dan bisa kita jadikan momentum Idul Qurban ini mendidik jiwa senantiasa rela berkorban , ihklas ,dan peduli dengan sesama.    

Karena pengertian sesungguhnya bukanlah hanya sekedar proses penyembelihan hewan qurban dan membagi – bagikannya saja. Idul Adha juga sebagai pengingat hati  kita, untuk menjadi insan yang selalu taat dan berusaha meningkatkan keimanan  kepada Allah, yang akhirnya mampu menumbuhkan  jiwa penolong, rela berkorban , pemurah dan ringan tangan membantu kesusahan orang lain.

Jangan hanya menjadi ajang pamer kepada orang lain karena kekayaan dan kemampuan kita, namun dasarilah dengan rasa ketaqwaan dan keihlasan,  kita berqurban  hanya mencari ridho Allah semata tanpa ada maksud lain. Bukan karena tetangga kita berqurban lalu kita ikut – ikutan biar dianggap wah oleh lingkungan tempat kita tinggal. Mungkin kita senang mendapat pujian dari sesama , kita berbangga hati dihadapan orang lain namun ibadah kita sia – sia di mata Allah, Subhanallah.

Harapan kita Idul Adha semoga bisa menjadikan para pemimpin negeri ini mampu mengambil keteladanan yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS, lebih peduli kepada rakyatnya , lebih mementingkan kesejahteraan rakyatnya, berani menegakkan keadilan tanpa tebang pilih sehingga rakyat merasa aman dan nyaman.

Mari kita bersama – sama berdo’a di hari yang mulia nanti semoga berbagai persoalan dan kesulitan yang melilit pada diri  dan keluarga kita ,juga pemimpin  negara kita  bisa menyelesaikan semua problema, dari mulai pejabat yang korup, ekonomi, keamanan,  dan semua sendi kehidupan bernegara bisa terselesaikan dengan baik , seperti yang pernah dicontohkan Nabi Ibrahim dalam Al-Quran surah Ibrahim ayat 35 :

“ Dan ingatlah, ketika Ibrahim berdoa “Ya Rabbi, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan jauhkanlah aku dan anak cucuku dari menyembah berhala.”   

Semoga dengan semangat Idul Adha tahun ini bisa memberikan manfaat meningkatnya kesalehan individual dan terpupuknya jiwa sosial di setiap hati kaum muslimin dan muslimat yang akhirnya bisa menjadikan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. Amin.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1432 H.

12 komentar:

  1. mohon maaf lahir bathin
    ikhlas akan memudahkan jalan kehidupan

    BalasHapus
  2. salah teks tuh bro, yang betul ikhlas bukan ihklas..

    BalasHapus
  3. kita memang harus berkurban dengan ikhlas agar ibadah qurban menjadi menyenangkan

    BalasHapus
  4. Mari ber-qurban....sukses selalu.

    BalasHapus
  5. selamat idul fitri, mas pur, mohon maaf lahir dan batin juga ya, semoga lebaran tahun ini membawa banyak berkah.

    BalasHapus
  6. Thanks for the info. In case when you traveling, you might need a Gps Tracking for your car or boat and even knowing your own location.

    BalasHapus
  7. A very insightful information and it very helpful. In case need some info about tangki fiberglass. Thanks for sharing.

    BalasHapus