Senin, 20 April 2009

CARA JITU MENGELOLA WAKTU

Tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu, detik, menit, jam, hari , bulan dan tahun begitu cepat meninggalkan kita.Semakin banyak waktu kita lewatkan semakin banyak usia kita bertambah , berarti juga masa usia kita di dunia berkurang.Sudahkah kita gunakan waktu kita untuk sesuatu yang bermanfa’at, ataukah hanya terlewat percuma , atau bahkan menjadi parasit bagi dunia dan sesama, Uih…….gawat dah kalo udah yang kaya gitu, tentu kita semua tidak mau dan tidak menginginkan untuk jadi parasit seperti itu.Dalam ajaran semua agama saya yakin tidak ada yang mengajarkan kepada umatnya untuk berpangku tangan, menyia-nyiakan waktu begitu saja berlalu tanpa ada hal yang berguna.

Dalam ajaran Islam yang saya anut banyak anjuran yang mengingatkan kepada umatnya untuk memanfa’atkan waktu dengan sebaik - baiknya, dalam Kitab Suci Al Qur’a , Surat Al Ashr, yang artinya :

"Demi masa, Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi, kecuali orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat – menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat – menasehati supaya menetapi kesabaran"

Dan masih banyak yang tercantum dalam Kitab Suci Al Qur’an, antara lain dalam surat Was-shubh, Wadh-dhuha, Wal – lail, Wan – nahar, begitu banyaknya pengulangan peringatan mengenai waktu ini menunjukkan bahwa begitu pentingnya waktu bagi kita manusia. Kadang kita dengan sengaja bermalas – malasan,menuntut ilmu males, beribadah males , sedekah apalagi…….berat banget. Padahal kita mungkin ada dan mampu untuk melakukan hal - hal yang terpuji tersebut..

Lalu bagaimana kiat kita agar waktu tidak begitu saja berlalu . bukan maksud saya menggurui , maaf bro….. kita sharing aja , mungkin ada gunanya bagi kita semua, dari pada bengong , itung – itung mencari ilmu, khan ibadah juga……..he…he.


1. Menjaga Manfa’at Waktu.
Kita harus ingat detik , menit , jam terus berputar tanpa ada yang bisa menghentikannya, jangan biarkan waktu berlalu begitu saja, isi dengan kegiatan yang positif bagi diri kita , apalagi jika bisa untuk masyarakat, agama , bangsa dan Negara.

2. Tidak Menyia – nyiakan Waktu.
Sungguh akan menyesal nanti jika ini kita lakukan, banyak pengalaman dari para orang – orang sukses sekarang , di masa mudanya mereka rela menghabiskan waktu hanya untuk belajar atau bekerja sekuat tenaga, bahkan tanpa didukung financial / modal yang memadai mereka mampu menyelesaikan studinya ataupun sukses dalam bisnisnya, mereka berbekal semangat dan keyakinan bahwa dengan menggunakan waktu dengan sebaik – baiknya pasti akan ada hasil yang didapat dikemudian harinya.

3. Berlomba Mengisi Waktu Dengan Kebaikan.
Kunci sukses manusia untuk mendapatkan kebahagian di dunia ataupun di akherat kelak. Dengan selalu berbuat baik kepada sesama, menghindari perbuatan yang dilarang agama, membantu bagi yang membutuhkan bantuan kita, memperbanyak sedekah, namun harus dengan rasa ikhlas. Pasti perbuatan baik dan terpuji tadi akan menambah rasa tentram dan kebahagian di hati kita.

4. Belajar Dari Waktu Yang Telah Berlalu.
Pengalaman adalah guru yang paling berharga, Kegagalan , masa lalu dapat digunakan sebagai pelajaran yang tidak didapatkan oleh setiap orang, dan dapat dijadikan acuan dimasa yang akan datang. Kesuksesan yang telah dicapai dapat dijadikan semangat untuk mencapai kesuksesan – kesuksesan berikutnya.

5. Pandai Mengatur Waktu.
Kita harus bisa mengatur dengan baik, menyusun skala prioritas adalah hal yang sangat diutamakan, dalam Hadist Nabi disebutkan :

“Orang yang berakal dan dapat mengendalikanya , seharusnya memiliki empat waktu : Waktu untuk bermunajad kepada Rabbnya ( Tuhan ), Waktu untuk instropeksi diri, Waktu untuk memikirkan Ciptaan Allah, dan Waktu untuk memenuhi kebutuhan jasmani berupa makan dan minum.” ( HR. Ibnu Hiban ).

Sungguh suatu metode mengatur waktu yang sangat baik yang diajarkan Oleh Nabi Muhammdad Rosulullah SAW, tinggal bagaimana kita mengupas dan mengejawantahkan dalam kehidupan sehari – hari.

6. Waktu Istirahat.
Dalam mebagi waktu pekerjaan hendaknya ada waktu luang untuk istirahat, hal ini untuk melepaskan rasa jenuh dan bosan. Sahabat Nabi : Ali bin Abi Tholib mengatakan : “ Berilah hatimu waktu sekedar untuk beristirahat, karena hati itu kalau dipaksa akan menjadi buta”
Sudah sewajarnya waktu istirahat kita dapatkan, apalagi jika yang kita kerjakan pekerjaan yang banyak menyita waktu , pikiran dan tenaga, cuti beberapa hari sangat pantas diambil guna menghilangkan jenuh dan bosan, dan membuat segar kembali ketika menghadapi pekerjaan kita lagi.


Tips ini tentu jauh dari sempurna, dan buanyaaaak………….. kekurangnya,namun harapan saya semoga bermanfa’at bagi kita semua. Teima kasih buat kang Seno, dan Xitalho , yang bikin aku kejar tayang posting ini , kang Dede di Singapore sono , thanks banget artikelnya bikin semangat lagi. Setelah beberapa hari males banget ngenulis, dan akhirnya aku …………….posting lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii !!!!!!!!!.

28 komentar:

  1. Pertamax..!!

    T..I..M..E.. !!!
    gak terasa nafas dan detak jantungku berdenyut sekian tahun... dan sekarang masih...

    Nice posting kang

    BalasHapus
  2. Wah lg2 saya dapat renungan yang luar biasa dari kang Pur.

    Betul sekali Kang Pur, waktu terus berjalan dan tak akan pernah berhenti. Sekalinya berhenti berarti kita sudah lagi tinggal raga. Jadi ingat sabda nabi bahwa hari ini harus selalu lebih baik dari hari kemarin agar kita tidak menjadi orang yang merugi.

    Matur nuwun renungannya kang Pur.

    BalasHapus
  3. ya,, kita sering tidak bisa memanage waktu kita secara baik..
    postingannya bagus bro,,,
    keep post...

    BalasHapus
  4. Susah memang membagi waktu.

    Tapi artikel ini cukup memberikan penyadaran pada saya.

    BalasHapus
  5. emang susah kalo membagi waktu apa lagi waktu saat kita senang2 hehe...

    BalasHapus
  6. nice post

    sangat bermanfaat bagi saya

    salam kenal bro

    BalasHapus
  7. betul banget...memanfaatkan waktu dengan baik, karena waktu yang telah lewat tidak dapat balik lagi..

    nice posting...maaf baru ol nih..

    BalasHapus
  8. kata orang2 :
    jangan kita dikendalikan waktu
    tapi kita mengendalikan waktu
    walau waktu tak bisa mundur

    mantap bro

    BalasHapus
  9. alur waktu memang punya bahasanya sendiri dan tak kala kita menyadarinya terasa sekali waktu yang sudah kita tongsampahkan!

    ngeri aku mas moco postinganmu.. xixiiixixixi

    BalasHapus
  10. wah, makasih banget sharingnya, mas. tulisan ini menarik dan reflektif. semakin maju peradaban, ternyata banyak juga yang lupa waktu. tak sedikit yang menghabiskan waktunya utk melakukan aksi2 yang sesungguhnya tdk bermanfaat, bahkan mungkin juga termasuk saya, hehe ....

    BalasHapus
  11. baiklah, saya ikut mengamalkan dan merefresh waktu saya agar manfaat...

    BalasHapus
  12. waktu itu sangat berharga karena tidak bisa kembali

    BalasHapus
  13. waktu tersa begitu cepat berlalu. sungguh sayang bila menyia-nyiakan waktu

    BalasHapus
  14. ampe ngos-ngosan baca artikel ini..

    kerja target..

    hhee...

    BalasHapus
  15. Postingannya bermanfaat nih....
    duh jadi inget waktu nih....
    kalo lagi ngeblog apalagi.....kyknya waktu cepet banget tuh

    BalasHapus
  16. istirahat itu belum tentu berhenti. istirahat itu adalah jeda diantara kerutinan. helaan nafas untuk memulai lagi dengan tenaga baru.
    nice artikel!

    BalasHapus
  17. "Demi masa, Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi, kecuali orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat – menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat – menasehati supaya menetapi kesabaran"


    Kayane aku mlebu wong sing merugi.....hiks....

    BalasHapus
  18. walah musti banayk beljar kynya gue. secara waktu gak beraturan, tidur juga baru bisa pagi, sore bangun. ughhhhhh....tolonggggggggggg

    BalasHapus
  19. kaya sinetron aja mas isi kejar tayangnya :D

    BalasHapus
  20. wah gimana taunya ya kalo waktu kita benar2 bermanfaat, lha wong saya 24 jam rasanya kurang mas..repot mlulu ngga ada habis-habisnya emak2 yang satu ini, sampe ngga ada waktu buat istirahat hehehe..
    hanya saya percaya gusti Pengeran ora sare, semoga dalam tiap kerepotan itu senantiasa ada keikhlasan..nice post kang, kejar tayang opo tho iki, blog nya saya add link nya ya

    BalasHapus
  21. wah..
    tips yg menarik bro
    kok pake kejar tayang segala

    BalasHapus
  22. Pur, meng endi bean rika? wis lali apa ya?

    BalasHapus
  23. Iya tuh Mas Pur, ditanyain kang dede he.he..

    Urung posting maneh to Mas Pur?

    BalasHapus
  24. aku lagi susah ngatur waktu nih..hehehe...nice info!!...

    BalasHapus